Shell Authorised Distributor Logo

PT Pancaputra Mitratama Mandiri

Shell Lubricants Authorised Distributor

Shell Lubricants Authorised Distributor
Technical Support Team
Business Partners
Previous slide
Next slide
rig laut lepas

Standar Pelumas Untuk Lolos Uji API

Jika Anda bergerak di bidang industri, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan pelumas Shell. Pelumas Shell adalah salah satu merek pelumas terkemuka di dunia yang memiliki berbagai produk untuk berbagai aplikasi. Namun, tahukah Anda bahwa pelumas Shell harus lolos uji API (American Petroleum Institute) sebelum dipasarkan?

API adalah lembaga yang mengeluarkan standar dan sertifikat untuk produk-produk minyak dan gas, termasuk pelumas. Standar API menjamin bahwa pelumas yang Anda gunakan memiliki kualitas dan performa yang sesuai dengan kebutuhan mesin Anda. API juga mengklasifikasikan pelumas berdasarkan tingkat viskositas, jenis mesin, dan kondisi operasi.

Untuk lolos uji API, pelumas Shell harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain:

  • Memiliki viskositas yang sesuai dengan standar SAE (Society of Automotive Engineers).
  • Memiliki indeks viskositas yang tinggi, yang menunjukkan kemampuan pelumas untuk tetap kental pada suhu tinggi dan encer pada suhu rendah.
  • Memiliki titik nyala yang tinggi, yang menunjukkan ketahanan pelumas terhadap panas dan api.
  • Memiliki titik tuang yang rendah, yang menunjukkan kemampuan pelumas untuk mengalir pada suhu rendah.
  • Memiliki sifat deterjen dan dispersan yang baik, yang menunjukkan kemampuan pelumas untuk membersihkan dan mencegah pengendapan kotoran di dalam mesin.
  • Memiliki sifat antioksidan, antikarat, antiwear, dan antifoam yang baik, yang menunjukkan kemampuan pelumas untuk melindungi mesin dari kerusakan akibat oksidasi, karat, gesekan, dan busa.

Pelumas Shell harus melewati serangkaian uji laboratorium begitu juga uji lapangan untuk membuktikan bahwa produk pelumas memenuhi persyaratan tersebut. Uji laboratorium meliputi pengukuran viskositas, titik nyala, titik tuang, indeks viskositas, dan sifat-sifat lainnya. Uji lapangan meliputi pengujian performa pelumas pada mesin-mesin tertentu dalam kondisi operasi tertentu.

Jika pelumas Shell berhasil lolos uji API, mereka akan mendapatkan label API dengan simbol huruf dan angka yang menunjukkan klasifikasi pelumas tersebut. Misalnya, API SN Plus adalah klasifikasi untuk pelumas bensin dengan perlindungan tambahan terhadap pradetonasi mesin. API CK-4 adalah klasifikasi untuk pelumas diesel dengan perlindungan terhadap abrasi silinder.

Dengan memiliki label API, pelumas Shell menunjukkan bahwa mereka memiliki kualitas dan performa yang terjamin dan sesuai dengan standar internasional. Anda bisa memilih pelumas Shell yang sesuai dengan jenis dan kondisi mesin Anda dengan melihat label API tersebut. Dengan menggunakan pelumas Shell yang lolos uji API, Anda bisa mendapatkan manfaat seperti:

  • Meningkatkan efisiensi bahan bakar
  • Memperpanjang umur mesin
  • Mengurangi emisi gas buang
  • Menghemat biaya perawatan

Itulah cara lolos uji API untuk pelumas Shell. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang pelumas Shell dan standar API, Anda bisa menghubungi kami di nomor telepon atau email yang tertera di bawah ini. Kami siap membantu Anda dengan pelayanan yang profesional dan ramah.

PT. Pancaputra Mitratama Mandiri merupakan distrubutor resmi Pelumas Shell yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Selama lebih dari 20 tahun kami telah menjadi kepercayaan untuk memenuhi kebutuhan pelumas di berbagai industri di seluruh wilayah Jawa Timur. Kami memastikan bahwa produk yang kami distribusikan adalah Original Shell Products. Tidak hanya kualitas barang yang terjamin, kami juga menawarkan berbagai fasilitas pendukung mulai dari penjualan hingga layanan purna jual (after sales service).

Informasi lebih lanjut terkait produk Shell, silahkan hubungi kami pada kontak tertera.